Cari Blog Ini

Rabu, 24 April 2019

Kebugaran Jasmani


Kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas keseharian tanpa mengalami kelelahan yang berarti, dan masih mempunyai cadangan sisa tenaga untuk melakukan aktivitas yang lain. Cholik dan Maksum (2007:51). Konsep kebugaran jasmani sekarang dapat dibedakan menjadi kebugaran yang berkaitan dengan kesehatan dan yang berkaitan dengan unjuk kerja (performance). Kebugaran yang berkaitan dengan kesehatan antara lain ditentukan oleh empat komponen kebugaran jasmani, yaitu: (1) daya tahan jantung, paru-paru, dan peredaran darah, (2) komposisi tubuh, (3) kekuatan dan daya tahan otot, dan (4) kelenturan sendi dan otot.
Manfaat yang bisa kita dapatkan bila kebugaran jasmani kita bagus adalah : (1) mencegah terjadinya obesitas, (2) mencegah terjadinya penyakit jantung, (3) mencegah terjadinya penyakit diabetes, (4) menurunkan tekanan darah tinggi, (5) menambah kecerdasan otak, (6) menurunkan resiko terserang kanker, (7) membuat awet muda, (8) meningkatkan kualitas fisik.
Kebugaran jasmani sangat penting dalam kehidupan sehari-hari agar kita terhindar dari penyakit yang selalu membayangi kehidupan. Agar bermanfaat, dalam usaha peningkatan kesehatan harus dilakukan latihan secara teratur dan benar sesuai dengan kondisi tubuh.
Berikut ini bentuk bentuk latihan kebugaran jasmani:
1.   Latihan kecepatan
a.   Lari cepat dengan jarak 40-60m
Bertujuan untuk melatih kecepatan gerak.
Image result for lari sprint
b.   Lari naik bukit (up hill)
Bertujuan untuk mengembangkan kekuatan dinamis (dynamic strength) otot otot tungkai. Dynamic strength juga bisa dikembangkan dengan lari di air dangkal, pasir, salju, atau lapangan yang empuk/berlumpur
c.   Lari turun bukit (downhill)
Bertujuan untuk melatih frekuensi gerak  kaki saat lari.

2.   Latihan kelincahan
Kelincahan (agility) adalah kemampuan seseorang untuk dapat mengubah arah dengan cepat dan tepat pada waktu bergerak tanpa kehilangan keseimbangan.
Bentuk bentuk latihannya yaitu:
a.   Shuttle run
Bertujuan melatih mengubah gerak tubuh arah lurus.
Image result for shuttle run

b.   Lari zig-zag
Bertujuan melatih mengubah gerak tubuh arah berkelok kelok

3.   Latihan keseimbangan
Bentuk bentuk latihan dari keseimbangan yaitu:
a.    Posisi pesawat terbang
Bertujuan untuk melatih otot otot tungkai dan menjaga keseimbangan.
Image result for posisi latihan kebugaran pesawat terbang
b.    Berjalan pada balok
Bertujuan untuk melatih otot otot tungkai dan menjaga keseimbangan.
Image result for latihan keseimbangan berjalan di balok

4.   Latihan koordinasi
Contoh bentuk latihannya yaitu lempar tangkap bola dengan memantulkan bola ke tembok dengan tangan kanan kemudian menangkapnya dengan tangan kiri.

5.   Latihan daya ledak
Daya ledak yaitu kemampuan seseorang mengerahkan/mengeluarkan tenaga-sebanyak-banyaknya dalam waktu yang sangat singkat.
Bentuk latihannya yaitu:
a.       Vertical jump
Tujuan dari latihan vertical jump yaitu untuk melatih kekuatan otot tungkai.
Image result for vertical jump
b.       Squat jump
Tujuan dari latihan squat jump aitu melatih otot tungkai dan otot pinggul.
c.       Angkat beban
Pelaksanaanya adalah mengangkat besi/beban dengan berat disesuaikan dengan kebutuhan. Cara mengangkat beban yaitu dilakukan berulang-ulang dengan cepat.


Daftar pustaka:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Olahraga basket merupakan salah satu olahraga bola besar yang terdiri dari dua tim yang beranggotakan lima orang setiap timnya. Olahraga b...