Cari Blog Ini

Senin, 02 Juni 2014

sejarah SMPN 1 Turi

Hay guys.  Apa kabar? Jumpa lagi dengan saya setelah lama saya off dari blog ini :D . sekarang saya akan menceritakan sejarah singkat sekolah saya “SMPN 1 TURI” . mungkin ada yang belum tahu letak dimana SMPN 1TURI itu berada. SMPN 1 TURI berada di dusun Turi, Donokerto , Turi yang berada di wilayah kaki gunung merapi kabupaten sleman Yogyakarta, untuk lebih jelasnya lihat google maps :v

SEJARAH SINGKAT SMPN 1 TURI

Berdirinya SMPN 1 Turi , dimulai sekitar awal tahun 1960 oleh tokoh pendiri antara lain
  1. 1.    Bp. Sutarjo
  2. 2.    Bp. Sunarjo
  3. 3.    Bp. Sujud Hadi Sulistyo

Serta didukung oleh seluruh lurah se Kecamatan Turi, yaitu lurah Desa Donokerto, lurah Desa Wonokerto, lurah Desa Girikerto, dan lurah Desa Bangunkerto pada waktu itu.
            SMPN 1 Turi ini pada mulanya merupakan SMP Swasta dan dikepalai oleh Bp. Sujud Hadi Sulistyo, dimana guru gurunya berasal dari warga sekitar Turi, yang pada waktu itu berstatus sebagai perangkat desa dan sebagian guru berasal dari warga yang menjadi guru SD di daerah lain. Pada mulanya ruangan SMPN 1 Turi terpencar di rumah warga . selanjutnya para tokoh pendiri berjuang untuk mengajukan sebagai SMP Negeri dengan nama SMP Persiapan sekitar tahun 1962.
            Setelah menunggu kurang lebih 2 tahun, perjuangan para tokoh yang cukup lama itu akhirnya memperoleh kabar gembira. Dengan datangnya surat keputusan dari Menteri Pendidikan Dasar dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan nomor 87/ S.K/ B/ III tertanggal 30 September 1964. Sejak itu berubah nama  yaitu SMP Negeri Turi, dan sebagai kepala sekolah pertama kali adalah Bp. Muhamad Supardi, dan SMPN 1 Turi menempati gedung 3 kelas di lapangan Donokerto dan sebagian belajar di rumah lurah Randusongo. SMPN 1 Turi mengalami cobaan cukup berat pada tahun 1968 dengan robohnya gedung sekolah karena angin rebut, dan memakan korban jiwa Bp. Puspo Harjono.
            Sejak peristiwa itu SMPN 1 Turi harus kembali terpisah pisah ke SD Ngipik (sekarang SD Turi II), dan ke rumah warga dusun Ngentak.
            Pada tahun 1974 atas inisiatif Bp. Radyo Sadewo maka SMPN 1 Turi tukar guling dengan Sekolah Misi (SMP Aloysius) dengan surat serah terima gedung pemerintahan desa donokerto nomor : 182/ UM/ DN/ 16/ 74 tertanggal 29 April 1974 dari Yayasan Santo Aloysius.
            Mulai 1974 mulailah babak baru SMPN 1 Turi di tempat baru yang ditempati sekarang  dengan menempati 9 ruang kelas.
            Sekarang SMPN 1 Turi sudah menempati 12 ruang kelas, 4 ruang labolatorium, 3 ruang seni, 1 ruang guru, 1 ruang kepala sekolah, dan 1 ruang tata usaha.
            Sekolah yang maju dan berprestasi tidak akan melupakan sejarah berdirinya, dan setiap tanggal 30 September sekolah mengadakan kegiatan untuk memperingati hari jadi SMPN 1 Turi.
            Semoga SMPN 1 Turi terus berkembang dan terus berprestasi. JAYALAH SMPN 1 TURI.

   

3 komentar:

  1. Halo mustafa. Keren sekali blog tentang sejarah smpn 1 Turi ini. Mengingatkan kembali masa perjuangan perkembangan smp. Btw saya ahmada dr pb.inggris uny, tahun ajaran depan akan microteaching disana... Kira kira kurikulum yg dipakai di smpn 1'Turi apa ya? Juga apakah ada kontak guru b.inggris favoritmu di Turi? =)

    BalasHapus
  2. Bukan microteaching dink. Maksudnya PPL. Praktek mengajar disana. Hehe

    BalasHapus
  3. Halo mustafa. Keren sekali blog tentang sejarah smpn 1 Turi ini. Mengingatkan kembali masa perjuangan perkembangan smp. Btw saya ahmada dr pb.inggris uny, tahun ajaran depan akan microteaching disana... Kira kira kurikulum yg dipakai di smpn 1'Turi apa ya? Juga apakah ada kontak guru b.inggris favoritmu di Turi? =)

    BalasHapus

Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Olahraga basket merupakan salah satu olahraga bola besar yang terdiri dari dua tim yang beranggotakan lima orang setiap timnya. Olahraga b...